Sejarah Desa Nglaran

Administrator 16 Mei 2014 06:21:08 WIB

Adipati Bandung Tanah Priangan punya anak dua, keduanya selalu bertengkar. Yang tua yang namanya Kibandung kalah kemudian lari ke Pajang. Selama di pajang ki Bandung di temani oleh putra pajang yang namanya Raden Panji Sanjoyo Ngrangin . di pajang ki Bandung tidak betah ( kerasan ) lalu pindah mengabdi pada Raden Adipati pPonorogo. Adipati Ponorogo mengijinkan ki Bandung dan Raden Panji Sanjoyo Ngrangin untuk babad alas di buat padusunan  mulai dari kaliwuluh, nglorok, panggul, sampai sumbreng ( Munjungan Trenggalek ). Mulailah ki Bandung dan ki Panji beserta pengikutnya untuk babad alas. Sampai di suatu tempat, ki Bandung berkata kepada Raden Panji Sanjoyo Ngrangin dan para Pengikutnya “ sanjoyo, ayo podho gawe pasanggrahan kanggo palereman” yang sekarang menjadi desa Sanggrahan Kecamatan Kebonagung. Kemudian ki Bandung meminta kepada Raden Panji Sanjoyo Ngrangin untuk babad alas di dekatnya gunung kunir( Payak ) tempat itu yang semula sempit kemudian di perluas ( diwelar-di welar ngantos dados jembar ) yang kemudian dusun itu disebut Welaran hingga sekarang dusun itu disebut DESA NGLARAN .

 

Di kutip dari : Babad Nglorog

Karya  : Raden  Gondo Wardoyo

Penerbit           : Balai Pustaka

Batavia 1935

 

Menurut cerita dari beberapa orang yang di tuakan di desa dan tokoh masarakat  desa Nglaran dapat di uraikan dengan singkat, bahwa desa Nglaran telah berdiri sejak jaman perjanjian Gianti. Pada saat itu keadaan atau kondisi  desa masih belum menentu karena masarakat masih terasa tercekam oleh kekuatan fisik para tentara penjajah. Walaupun masarakat desa masih dalam cengkeraman penjajah, namun kala itu sudah ada pimpinan desa yang bernama Ki demang KERTO ATMOJO.

Ki demang pada saat itu sangat berpengaruh untuk memimpin desa terutama pada masa penjajahan.

Menurut letak dan tempat seperti desa Nglaran, keadaan medannya cukup berat baik dalam arti kesuburan tanahnya maupun permukaan yang berbukit-bukit, batu maupun hubunganya sehingga daerah ini dapat kita maklumi sebagai desa yang terisolir.

Namun demikian sudah ada pembanggunan yang diprakarsai oleh tentara penjajah pada waktu itu tentara belanda. Namun hanya terbatas pada pelebaran jalan dan pembanggunan jembatan yang di kerjakan secara bergotong royong atau swadaya masarakat yang cukup memuaskan.

Beberapa tahun kemudian, datang tentara jepang bertujuan menguasai dan mengatur desa sehingga nama kidemang diganti menjadi lurah atau kepala desa dengan disertai pembantu-pembantunya guna kelancaran tugas memimpin desa tersebut.

Perlu juga kami paparkan mengenai pemerintah desa Nglaran, sesuai data yang kami dapat  yang pernah memegang pemerintahan atau menjabat sebagai lurah di desa nglaran antara lain :

1.       PARTOIKROMO (MANGKULESONO I )            : tahun 1903 – 1904

2.       ASTROREJO                                            : tahun 1905 - 1908

3.       PARTOIDJOJO (MANGKULESONO II )            : Tahun 1909 - 1911

4.       KARSONO                                              : Tahun 1912 - 1913

5.       KARTO SENTONO                                  : Tahun 1914 - 1935

6.       TISNO WIDJOJO                                     : Tahu n 1936 -- 1961

7.       DUMADI DJOJO SUKARTO                          : Thun 1962 -- 1989

8.       SARGIMAN                                           : Tahun 1990 – 1998

9.       SARGIMAN                                             : Tahun 1999 -- 2006

10.   TUGARNO                                               : Tahun 2007 -- sekarang

Demikian sekilas asal-usul desa nglarasn yang dipetik dari  berbagai nara sumber tokoh masyarakat pada waktu lalu, untuk lebih mendetailnya telah diangkat sebagai tema dalam pentas budaya dalam rangka hari jadi pacitan pada tahun 2010.

Komentar atas Sejarah Desa Nglaran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Nglaran

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung